There was an error in this gadget

Tuesday, January 8, 2013

Membangun bisnis dengan Social media

Apakah anda ingin membangun usaha anda dengan modal terbatas atau malah tanpa modal sama sekali? Jawabannya adalah Bangunlah akun di sosial media!

Para wirausahawan perlu membangun aku sosial media dengan beberapa alasan. Pertama social media merupakan sebuah own media atau media yang kita miliki sendiri, artinya kita tidak bergantung kepada ke media lain seperti majalah koran, radio, atau televisi, dimana kita harus membayar mereka untuk memasang iklan kita. Wong bagaimana mau membayar? biasanya khan wirausahawan memulai usahanya dengan modal terbatas. Ya khan?

Kedua, akun sosial media biasanya gratis, modal yang kita perlukan adalah kreativitas dan waktu, bukan modal uang untuk membayar iklan. Tentu kita harus mempunyai kreativitas yang tinggi karena membangun akun sosial media bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun saya percaya anda semua kreatif karena kalau tidak kreatif tentu anda tidak akan membangun bisnis anda sendiri khan?

Untuk membangun aku sosial media, kata kuncinya adalah media, artinya walaupun kita seorang wirausahawan, kita justru dituntut untuk berpikir layaknya jurnalis atau wartawan. Kita dituntut untuk tidak hanya bisa jualan secara hardsale melainkan justru harus bisa menyediakan konten yang berharga sehingga menarik perhatian orang untuk mengunjungi akun social media atau website kita.

Images by garryknight
Under Creative Commons License


Kita harus mengikuti cara berpikir media, dimana oplah atau pemirsa sangat penting. Media tradisional seperti koran majalah atau radio hanya bisa menarik perhatian pengiklan jika jumlah pembaca, pendengar, atau penonton kita sudah banyak, demikian juga dengan bisnis kita. Kita hanya bisa mulai berjualan jika akun sosial media kita telah diikuti oleh orang dengan jumlah yang cukup banyak. Dengan dasar pemikiran seperti diatas maka anda juga harus menarik jumlah likes di facebook, followers di twitter dan hit/trafic di website anda.

Bayangkan anda sedang berjalan jalan lalu ada seseorang yang tidak anda kenal yang memberikan brosur kepada anda, mungkin hanya dalam hitungan detik anda akan membuang brosur itu. Hal yang berbeda akan terjadi jika anda menerima majalah gratis atau free Magazine. Biasanya orang akan menyimpan majalah gratis yang diberikan kepada mereka karena majalah gratis tidak hanya berisi iklan, melainkan juga berisi banyak artikel yang berguna untuk kita baca sewaktu waktu.

Cara mengelola aku sosial media kita persis sama dengan cara mengelola majalah gratis atau free Magazine tadi. Kita boleh beriklan di akun sosial media yang kita kelola, dengan catatan informasi yang kita berikan jauh lebih banyak daripada iklan yang kita berikan.

Pilih sebuah topik khusus yang berhubungan dengan bisnis anda. Misalnya jika anda berbisnis baju anda dapat menyediakan info yang berhubungan dengan dunia fashion secara umum

Contoh dari info berguna yang diperlukan oleh pelanggan kita:
  1. Berita berikut link yang berhubungan dengan produk kita. Berita tidak harus anda buat sendiri, anda cukup memberikan judul dari sebuah artikel dan menambahkan link ke media yang mempunyai artikel tersebut. Anda dapat mengikuti berita yang saya rutin kirimkan dengan twitter hashtag #CreativatorNews
  2. Kalimat penyemangat atau kalimat mutiara (quote) yang dapat menyemangati hidup pelanggan anda. Anda dapat menyimak kalimat mutiara yang saya rutin kirimkan dengan twitter hashtag #CreativatorQuotes

Mengelola akun sosial media memang memerlukan kemampuan khusus, tetapi kemampuan ini dapat anda latih selama anda mengerti prinsip berpikir seperti wartawan atau jurnalis. Contoh detail mengenai isi konten yang bisa disajikan kepada pelanggan anda dapat anda lihat pada artikel ini.

Setelah membaca artikel ini saya berharap anda sudah siap mengelola akun sosial media bisnis anda sendiri. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment