Pages

Monday, January 7, 2013

Tips hadapi stres dengan stress diary

Apa yang menyebabkan stress?

Menurut David Allen dalam bukunya Getting Things Done, stress disebabkan karena ada hal yang tidak terselesaikan yang berputar putar dalam otak kita tanpa adanya jawaban.
Kita sering menyebutnya sebagai lagi banyak pikiran. Hal tidak terselesaikan akan berputar terus dalam otak kita seperti halnya hardisk rusak yang terus bekerja tetapi tanpa hasil. Streess bahkan bisa menyebabkan kita menjadi sakit akibat daya tahan tubuh menurun.

Yang perlu kita lakukan adalah mendeteksi faktor penyebab stress dan menentukan langkah apa yang ingin kita lakukan untuk mengatasi stres tersebut.Caranya adalah dengan membuat stress diary.

Faktor penyebab stres harus segera dikeluarkan dari otak kita agar tidak berputar putar dan menyebabkan kita semakin stres, namun kita juga perlu menyimpan faktor penyebab stres di sebuah tempat dimana kita mudah mengaksesnya setiap saat.

Photo by kevinspencer
Under Creative Commons license 


Berikut adalah cara membuat stress diary
  1. Sediakan buku saku yang bisa dibawa kemana mana. Anda juga bisa mempergunakan software pada smartphone atau komputer tablet seperti evernote .
  2. Catat semua hal yang membuat anda stres pada stress diary. Catat semuanya bahkan sampai hal terkecil sekalipun
  3. Buat rencana aksi untuk semua hal penyebab stress yang telah anda tulis dalam stress diary. Tidak boleh ada satupun faktor penyebab stress yang tersisa tanpa ada rencana aksi
  4. Jadikan rencana aksi ini sebagai TO DO LIST anda.
Dengan segera anda akan menyadari stress level anda segera turun hingga kadar yang dapat anda toleransi.

Silakan mencoba!

No comments:

Post a Comment