Pages

Monday, January 7, 2013

Minimalist itu keren

Pernahkah anda sadari bahwa kita sebenarnya hanya membutuhkan sedikit hal dalam hidup kita. Jika kita membeli 10 pakaian, mungkin yang sering kita gunakan hanya 2 atau 3 saja, sementara pakaian yang lain hanya diam teronggok tanpa guna. Demikian juga dengan koleksi DVD kita, koleksi buku kita dan koleksi barang barang lainnya. Banyak sekali barang  yang kita simpan walaupun sebenarnya tidak kita pergunakan lagi.


Pengalaman saya yang terpaksa pindah rumah ternyata membuka pola pandang baru dalam hidup saya. Keterbatasan ruang memaksa saya hanya bisa menyimpan barang yang benar saya perlukan. Sisanya harus saya keluarkan dari rumah.

Setelah merenung cukup lama, saya menyadari bahwa alasan utama kita menyimpan sesuatu adalah bukan karena fungsinya, melainkan karena kenangan yang dimiliki oleh sebuah barang di dalam memory kita. Cara terbaik bagi kita menyimpan memory itu adalah dengan menyimpan gambar atau photonya dan bukan menyimpan bendanya itu sendiri.

Koleksi saya di Pinterest.com

Saya memutuskan untuk beralih menjalani gaya hidup minimalist, yaitu gaya hidup yang fokus menyimpan hanya barang-barang yang akan kita pergunakan berkali-kali dalam hidup kita.


Berikut adalah tips untuk menjalani gaya hidup minimalist:
  1. Simpan kenangan dalam bentuk gambar. Cari gambar dari barang yang kita miliki di google images
  2. Jika anda tidak menemukan gambar yang menarik di google images, anda dapat memphotonya sendiri menggunakan kamera
  3. Upload gambar di tempat yang mudah di akses, kalau saya senang menggunakan Pinterest.
  4. Sumbangkan barang anda kepada yang memerlukan, saya menyumbangkan koleksi buku saya ke berbagai perpustakaan. Daripada teronggok di rumah saya tanpa ada yang membaca, koleksi buku saya akan lebih berguna di perpustakaan.
Ternyata gaya hidup minimalist itu keren lho! Kenapa?
  1. Ada  perasaan lega lega karena lingkungan kita lebih bersih
  2. kita menyadari bahwa ada orang yang menggunakan barang barang yang sebelumnya tidak kita gunakan dan lega karena menyadari bahwa kita hanya mempergunakan benda benda yang hanya kita butuhkan.
Anda dapat melihat contoh koleksi kenangan saya di sini:
Ternyata banyak juga teman saya yang menganut gaya hidup minimalist. Salah satunya adalah mas Rony Yuzirman yang luar biasa, silakan simak hasil diskusi kami berdua di blog ini

    No comments:

    Post a Comment